2

Teknisi Cyberindo - Pernahkah ketika akan menyalakan PC / komputer client di warnet yang menggunakan Cyberindo Updater (khususnya mode lokal) tidak dapat masuk ke sistem atau hanya muncul logo Windows? Biasanya yang terjadi, komputer saat dinyalakan cuma memunculkan logo Windows kemudian blank hitam saja. Walaupun ditunggu beberapa lama tetap tidak masuk ke dalam sistem operasinya.

starting-windows
Hanya muncul Logo Windows

Jangan buru-buru memvonis bahwa sistem operasi Windows yang terinstall di PC client Cyberindo Updater tersebut rusak dan harus diinstall ulang. Ada berbagai macam penyebab yang membuat komputer saat dinyalakan tidak dapat masuk ke sistemnya. Dari pengalaman Teknisi Cyberindo, itu terjadi karena ada file system partisi yang corrupt. Bisa disebabkan karena PC yang tiba-tiba padam saat sedang menjalankan suatu proses. Yang sering kami temukan sering kali kerusakan file system partisi seperti ini terjadi pada Windows 7 dan pada partisi D atau Cache. Kemungkinan pada Windows XP juga bisa saja terjadi hal yang sama.

Sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi PC client Cyberindo Updater yang hanya memunculkan logo Windows kemudian blank hitam saja berikut langkah-langkahnya:
  1. Sediakan Bootable USB Flashdisk DLCD Boot.
  2. Nyalakan PC / komputer dan setting untuk boot pertama ke USB Flashdisk yang sudah berisi DLCD Boot.
  3. Pada menu pilihan DLCD boot, pilih "Mini Win XP".

    mini-win-xp
  4. Setelah PC menyala dengan sistem operasi "Mini Win XP", jalankan aplikasi "Partition Wizard Server Enterprise".

    Partition-Wizard-Server-Enterprise
  5. Setelah aplikasi "Partition Wizard Server Enterprise" terbuka, akan tampil informasi partisi. Kemudian klik kanan pada partisi "Cache" dan pilih "Check File System".

    Check-File-System
  6. Pilih "Check & Fix Detected Errors", lalu klik "Start".

    Check-Fix-Detected-Errors
  7. Biarkan proses pengecekan partisi berjalan untuk memeriksa dan memperbaiki attribute file system yang corrupt (rusak) hingga selesai.

    Check-Fix-attribute-file-system-1
    Check-Fix-attribute-file-system-2
  8. Setelah proses pengecekan partisi selesai, nyalakan ulang PC / komputer tanpa USB Flashdisk DLCD Boot.
Dalam melakukan langkah-langkah memperbaiki komputer klien Cyberindo Updater yang hanya memunculkan logo Windows seperti yang kami jelaskan di atas tidak perlu membuka sistem restore, karena PC / komputer tidak bisa masuk ke sistem operasi.

Anda juga bisa memeriksa file system pada partisi lainnya dengan mengulangi langkah nomor 5 tapi pada partisi yang berbeda. Cara ini juga bisa dicoba untuk PC / komputer ataupun laptop yang tidak menggunakan Cyberindo.

Silahkan mencoba dan semoga berhasil.

Berikan tanggapan Anda Komentar

  1. Cara seperti diatas apakah sama hasilnya dengan menggunakan HDD Regenarator? soalnya kasus yang seperti atas setelah saya menggunakan HDD Regenarator memang ada bad sector, setelah direpair masih mengalamai masalah yang sama yaitu setelah muncul logo windows seperti gambar di atas langsung pc nya reboot otomatis, dan berulang terus sampai monitor nya mati dan kipas prosesor tetap nyala, jadi harus reset bios lewat batere CMOS lagi. :-s

    BalasHapus
  2. cara dapetin DLCD boot nya di mnana?

    BalasHapus

 
Top