0

Teknisi Cyberindo - MikroTik, apakah masih ada pemilik / pengelola warnet atau orang IT yang tidak mengetahui benda ini? Paling tidak sebagai pemilik / pengelola warnet atau orang IT pernah mendengarnya, walaupun sampai saat ini sama sekali belum pernah melihat wujud dari MikroTik.


MikroTik merupakan salah satu dari merek router yang sangat terkenal dan mempunyai fitur yang sangat lengkap. Router itu sendiri adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan beberapa jenis jaringan (network). Di salam jaringan yang lebih kompleks, router digunakan untuk memilah jalan bagi paket data untuk mencapai perangkat tujuan.

Router dapat dikatakan sebagai perangkat jaringan yang paling cerdas. Router bisa memahami bagaimana mengirimkan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Sangat jarang router salah menyampaikan paket data.

Kembali lagi ke MikroTik, dari pengalaman kami dan rekan-rekan yang berkecimpung dalam dunia IT router ini mudah dikonfigurasi dan harganya cukup terjangkau. Walaupun ada MikroTik router yang harganya seperti harga sepeda motor atau bahkan seharga sebuah mobil bekas.

Lalu apa hubungannya MikroTik dengan warnet?

Ya, tentu saja hubungannya sangat erat. Warnet adalah sebuah bentuk usaha yang tidak bisa dilepaskan dari jaringan. MikroTik diperlukan untuk membagi-bagi koneksi internet ke beberapa komputer / PC yang menggunakan kabel jaringan (UTP) ataupun Laptop / Smartphone yang menggunakan koneksi nirkabel (Wireless).

Baca Juga:
Untuk membagi koneksi internet, khususnya di warnet, harus memperhatikan beberapa hal. Misalnya begini, ketika kita mempunyai kue dan berniat ingin membaginya kepada orang lain dengan adil. Dalam beberapa kondisi, kita tidak ingin seseorang memakan kue yang bukan bagiannya. Nah, seperti itulah sedikit perumpamaan fungsi MikroTik.

Pembahasan tentang MikroTik ini belum selesai, tetap ikuti TeknisiCyberindo.com.

Berikan tanggapan Anda Komentar

 
Top