0

Teknisi Cyberindo - Komputer bukanlah sesuatu barang yang sangat mewah lagi. Saat ini, dengan makin banyaknya komputer desktop maupun laptop yang dijual dengan harga murah membuat sebagian besar orang sudah mempunyai komputer pribadi.

Bahkan, komputer sudah menjadi sesuatu yang wajib bagi orang-orang yang bekerja dan mempunyai usaha di bidang yang memerlukan komputer, seperti warung internet (warnet), game online, toko online, percetakan digital, desain grafis, ataupun programmer.

Bagi yang sudah pernah memiliki komputer bukan hal yang sulit lagi untuk memilih apabila suatu saat ingin menggantinya dengan komputer yang baru. Tetapi bagaimana mereka yang baru ingin mempunyai komputer, jangan sampai salah memilih komputer sehingga menjadi kendala dan kekecewaan dikemudian harinya.

tips-membeli-komputer

Komputer seperti apa yang harus saya beli?

Tentu jawaban dari pertanyaan singkat itu adalah "komputer yang terbaik". Namun, arti dari "komputer yang terbaik" relatif karena yang terbaik menurut Teknisi Cyberindo bisa saja tidak baik bagi orang lain.

Berikut beberapa tips penting sebelum membeli komputer:
  1. Belilah komputer yang mencakup peripheral dasar
    Komputer terbagi menjadi empat komponen utama, yakni unit CPU, monitor, keyboard, dan mouse. Untuk yang baru ingin membeli komputer, sebaiknya beli komputer yang memiliki semua komponen utama yang kami sebutkan tadi sehingga ketika komputer dibawa pulang, bisa langsung digunakan.

    Namun, bagi yang sudah mengetahui cara merakit komputer bisa saja membeli komponen utama tersebut secara terpisah dan dirakit sendiri. Karena bisa dipilih komponen-komponen dari vendor terkemuka yang sudah diakui kualitasnya.
  2. Tentukan untuk apa komputer itu digunakan
    Bila komputer hanya digunakan untuk mengerjakan tugas kantor seperti mengetik menggunakan aplikasi Office (Ms Office atau Open Office), menjelajah situs (browsing), dan mengirim email, maka komputer dengan peripheral dasar yang kami jelaskan di atas sudah cukup.

    Tapi jika ingin menggunakan komputer untuk membantu pekerjaan bidang multimedia, perlu tambahan beberapa aksesoris seperti scanner, printer, kamera digital, tablet, atau digicam.

    Apabila komputer akan digunakan untuk membantu pekerjaan dalam bidang musik, perlu ditambahkan aksesoris mikrofon dan speaker yang berkualitas.

    Untuk warnet game online biasanya komputer yang digunakan mempunyai spesifikasi yang lebih tinggi dari komputer rumahan maupun komputer yang dipakai di kantor.
  3. Menentukan anggaran biaya
    Berapa jumlah uang yang mampu dikeluarkan untuk membeli komputer?
    Ini penting, meskipun harga komputer kian turun tetapi anggaran biaya harus menjadi patokan. Pikirkan juga biaya perawatan komputer nantinya.
  4. Bandingkan kecepatan komputer saat ini dengan beberapa tahun ke depan
    Jika saat ini kita tidak membutuhkan komputer dengan prosesor tercepat, modem tercepat, memori terbesar, atau kapasitas hard drive yang besar, tapi bagaimana untuk satu atau dua tahun ke depan? Karenanya, hal itu perlu dipertimbangkan agar nanti pada saat tiba waktunya untuk melakukan upgrade biaya yang dikeluarkan tidak terlalu banyak.
  5. Pilih dari merek-merek terkemuka
    Bagi yang sudah memiliki banyak pengalaman di bidang komputer pasti sudah mengetahui produk dari merek yang terkenal. Meski harganya jauh lebih mahal tapi kualitas produk dijamin lebih awet.
  6. Pilih tempat dimana akan membeli komputer yang diinginkan
    Saat ini banyak pilihan tempat untuk membeli komputer, mulai dari toko komputer di masing-masing daerah ataupun melalui toko online. Disarankan, sebaiknya membeli komputer dengan mendatangi langsung ke toko yang menjualnya. Karena bisa langsung melihat dan memilih serta bisa menanyakan hal-hal yang terkait dengan barang yang ingin dibeli.

Berikan tanggapan Anda Komentar

 
Top